Akmari, Ketua Ansor Paguyangan Terpilih Sebagai Ketua DPK KNPI Paguyangan

Musyawarah Kecamatan KNPI Paguyangan

Akmari, Ketua Ansor Paguyangan Terpilih Sebagai Ketua DPK KNPI Paguyangan
Sahabat Akmari (Empat dari Kiri), Ketua GP Ansor Paguyangan Terpilih Sebagai Ketua DPK KNPI Kecamatan Paguyangan

Paguyangan, AnsorBrebes.Or.Id -- 22 Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) bergabung dalam wadah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) yang berada di Kecamatan Paguyangan menghadiri kegiatan Musyawarah Kecamatan (MUSCAM) Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) KNPI Kecamatan Paguyangan, Sabtu (08/05). 22 OKP tersebut yakni Gerakan Pemuda Ansor, Fatayat NU, IPNU, IPPNU, Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul Aisyiyah, IPM, IMM, SAPMA dan SRIKANDI Pemuda Pancasila, Karang Taruna, REPDEM, BMI, Taruna Merah Putih, PMII, HMI, GMNI, GARDA BANGSA, AMPG, GARDA PEMUDA NASDEM dan BM-PAN

Sebelum tergabung ke dalam KNPI, 22 OKP ini telah diverifikasi dan wajib terdaftar sebagai peserta MUSCAM Kecamatan Paguyangan. Nakhnu Ikhwana, selaku Ketua Panitia, memastikan legalitas seperti Surat Keputusan yang masih berlaku dan Kepengurusan yang masih aktif. "MUSCAM ini diselenggarakan berdasarkan AD/ART organisasi untuk menyampaikan laporan pertanggungjawaban kegiatan dan memilih ketua baru untuk periode 3 tahun mendatang (2021 - 2024) Melalui sidang pleno. Oleh karena itu seluruh peserta wajib mematuhi peraturan yang ada, salah satunya berkaitan dengan SK dan Kepengurusan yang masih berlaku hingga saat ini", Ungkap Nakhu.

Muscam Kecamatan Paguyangan yang dihadiri ketua/pimpinan OKP ini dibuka langsung oleh Camat Paguyangan, Bapak Husni Pramono, AP., M.Si. Beliau menyampaikan dalam sambutannya bahwa musyawarah ini bisa dimanfaatkan sebagai ajang silaturahmi antara tokoh pemuda di mana KNPI merupakan organisasi kepemudaan yang sudah menjadi mitra pemerintah diharapkan memiliki program yang visioner.

Hal tersebut diamini oleh Ketua DPD KNPI Kabupaten Brebes, Hendrik Maulana. Hendrik mengungkapkan rasa syukur atas terselenggaranya muscam ini yang tujuannya selain menyampaikan LPJ Pengurus Periode sebelumnya dan Pemilihan Ketua DPK periode ke depan, juga bisa digunakan untuk konsolidasi pertemuan dengan pengurus kecamatan.

"Salah satu program kerja DPD KNP Brebes saat ini adalah melaksanakan Musyawarah Kecamatan (Muscam) di 17 Kecamatan. DPK Paguyangan merupakan DPK kedua yang melaksanakan MUSCAM setelah pelantikan. Kehadiran FORKOMPIMCA menjadi bukti bahwa KNPI didukung dan bisa bersinergi dengan Pemerintah Kecamatan", ujar Hendrik dalam sambutannya.

Hendrik berharap untuk pemilihan Ketua DPK sebaiknya bisa dilakukan secara musyawarah mufakat dan menghindari voting (pemungutan suara). "Seluruh peserta diharapkan bisa musyawarah mufakat untuk memilih Ketua DPK Paguyangan periode ke depan. Ini cara yang sangat ideal untuk mengakomodasi seluruh kepentingan, mayoritas dan minoritas" pungkas Hendrik.

Dalam proses Muscam Paguyangan ini, terdapat 2 bakal calon Ketua DPK KNPI Kecamatan Paguyangan, yakni Akmari dengan perolehan 12 surat rekomendasi dari 18 OKP yang hadir. Dan Riyan Pahlevi dengan 6 surat rekomendasi. Setelah dilaksanakan musyawarah mufakat, seluruh peserta sepakat Akmari dari unsur OKP Gerakan Pemuda Ansor menjadi Ktua terpilih DPK KNPI Kecamatan Paguyangan Periode 2021 - 2024. *(zq)