Ansor-Banser Kecamatan Brebes Bantu Bangun Rumah Warga

Ansor-Banser Kecamatan Brebes Bantu Bangun Rumah Warga

Brebes (28/12), Ditengah Pandemi COVID-19, PAC GP Ansor dan Satkoryon Banser Kecamatan Brebes, membantu warga yang kurang mampu dalam membangun rumah di Desa Limbangan Kulon Kec. Brebes Kab. Brebes.

Rumah tersebut milik Ibu Diana (57 tahun) sudah tidak layak huni yang berada di bantaran (pinggiran) sungai sigeleng yang ditempatinya beserta 7 anaknya hampir 5 tahun ini, dikarenakan kondisi perekonomian keluarga yang tidak cukup sehingga beliau tidak bisa merehabnya, hasil kerjanya selama ini hanya mampu untuk memenuhi kebutuhan makan dan menghidupi ketujuh anaknya saja. Pemerintah pun tidak bisa mengusulkan untuk program RTLH karena status bangunan berdiri bukan di tanah milik pribadi.

Wakil Kepala Satuan Koordinasi Rayon (Waka Satkoryon) Banser Kecamatan Brebes, Wasto Al-Afkar mengatakan “Berawal dari empati melihat kondisi Diana bersama 7 anak yang tinggal di rumah yang tidak layak, maka PAC GP Ansor dan Satkoryon Banser Kecamatan Brebes melalui rapat internal pengurus harian dan membentuk kepanitiaan bedah rumah. Kemudian berkordinasi dengan Pemerintah Kelurahan Limbangan Kulon beserta warga yang menghasilkan titik lokasi pembangunan diubah tepatnya di daerah Sanimas Limbangan kulon”.

Kerja bakti yang dilakukan PAC GP Ansor dan Satkoryon Banser Kecamatan Brebes bersama warga dalam pembangunan rumah tersebut merupakan bentuk program kerja dan bentuk usaha PAC GP Ansor untuk terus menjalin silaturahmi, kebersamaan dan kerja sama dengan warga yang ada di wilayahnya yang bertujuan untuk meringankan beban masyarakat. Karena membantu meringankan beban masyarakat adalah bagian dari tanggung jawab PAC GP Ansor dan Satkoryon Banser Kecamatan Brebes di wilayahnya dan bentuk usaha bersama agar terjalin usaha saling membantu, gotong royong menjaga kekompakan dan keharmonisan antara kader-kader Ansor dengan warga di wilayahnya.

“Ansor-Banser harus selalu sigap dan tanggap dalam mengatasi kesulitan yang berada dimasyarakat untuk meningkatkan kebersamaan saling asah, asih, asuh. Karena waktu pengerjaan diperkiraan sampai 14 hari, kami buat jadwal per masing-masing PR GP Ansor per kelurahan agar pengerjaan semakin ringan dan tepat waktu. Total biaya pembangunan hampir 30 Juta yang  bersumber dari iuran anggota dipengurus harian, ranting se-kecamatan, pembina, dan dermawan. Kami akan berusaha semaksimal mungkin membantu kesulitan masyarakat, karena dengan adanya kegiatan seperti ini akan tercipta kebersamaan, kepedulian dan saling menjaga,” Ujar Riko Junaedi selaku Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Brebes.  

Kegiatan bedah rumah yang dimulai tanggal 8 Desember itu berakhir tanggal 22 Desember, dan diserahterimakan kepada Ibu Diana dan keluarga pada tanggal 24 Desember 2020, dalam kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan berupa uang dan beberapa bahan makanan dari para dermawan yang disalurkan melalui PAC GP Ansor Kecamatan Brebes(iz)