Gandeng BPBD dan PMI, Ansor Brebes Siapkan Banser Tanggap Bencana

Gandeng BPBD dan PMI, Ansor Brebes Siapkan Banser Tanggap Bencana

Brebes (13/9), Di bawah terik sinar matahari pantai Randusanga Indah Brebes, ratusan kader Banser se-Kabupaten Brebes digembleng dengan pelatihan tanggap kebencanaan yang diselenggarakan Satkorcab Banser Brebes melalui Unit Banser Tanggap Bencana (BAGANA). 

Water Rescue menjadi fokus pelatihan tanggap kebencanaan oleh Banser hari ini, sebagaimana diketahui bersama bahwa secara geografis Kabupaten Brebes mencakup daerah pegunungan (dataran tinggi) hingga pesisir yang memiliki kerawanan bencana alam yang cukup tinggi. Di musim penghujan, longsor mengintai wilayah Brebes selatan dan banjir di wilayah Brebes tengah dan pantura seperti yang terjadi beberapa tahun terakhir.

Ketua PC GP Ansor Kab. Brebes, Ahmad Munsip saat membuka kegiatan menyampaikan bahwa “Banser sebagai bagian dari pemuda tentunya dituntut untuk dapat berpartisipasi dan memberikan manfaat kepada masyarakat, dalam hal terjadinya bencana Bagana telah disiapkan untuk membantu mitigasi dan penanganan bencana.”

“Sehingga kami memandang pelatihan-pelatihan seperti ini sangat diperlukan dalm rangka penguatan kapasitas kader-kader Bagana. Kita semua tentunya mengharapkan tidak terjadi bencana, namun bilamana itu terjadi (baca: bencana) paling tidak kita sudah siap dan memahami apa-apa saja yang harus dikerjakan.” ungkap pria yang tengah menyelesaikan studi magister Unwahas Semarang.

Pelatihan water rescue Unit Bagana Satkorcab Banser Kabupaten Brebes menggandeng Tim SAR dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) dan tim dari PMI Kabupaten Brebes sebagai narasumber dan instruktur pelatihan. 

150 peserta pelatihan water rescue diberikan materi dan praktik langsung/simulasi secara simultan oleh para narasumber dan instruktur professional.  Teknik pertolongan pertama pada korban dan simulasinya dipaparkan oleh PMI Kab. Brebes, sedangkan teknik water rescue dan simulasinya (teknik pertolongan, penyelamatan dan cara pemindahan korban dari perairan) disampaikan oleh tim SAR BPBD Kab. Brebes. 

Dalam kesempatan yang sama, Kang Subkhan selaku Kepala Satkorcab Banser Kabupaten Brebes menyampaikan bahwa Ke-depannya Satkorcab Banser Kabupaten Brebes juga telah memprogramkan pelatihan-pelatihan lanjutan lainnya bagi kader-kader Bagana, seperti pelatihan vertical rescue dan simulasi pengurusan jenazah korban bencana. (iz)