GP Ansor Sawojajar Inisiasi Gerakan Peduli Madrasah

Gerakan Peduli Madrasah

GP Ansor Sawojajar Inisiasi Gerakan Peduli Madrasah
Gerakan Ansor Peduli Madrasah Oleh Kader GP Ansor Desa Sawojajar Kecamatan Wanasari

Brebes, AnsorBrebes.Or.Id -- Pimpinan Ranting Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sawojajar, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes - Jawa Tengah menginisiasi Gerakan Peduli Madrasah. Gerakan ini adalah gerakan memperbaiki sarana dan prasarana madrasah (sekolah). 

Seluruh Badan Otonom Nahdlatul Ulama (Banom NU) se-Desa Sawojajar turut serta dalam memperbaiki fasilitas-fasilitas madrasah. Kegiatan ini dilaksanakan perdana di Madrasah Diniyah Hidayatun Mubtadiin Sawojajar pada Sabtu pagi (27/3).
Dalam gerakan ini, Ansor-Banser Sawojajar berkolaborasi dengan Banom-banom NU lain seperti Fatayat NU, Muslimat NU, IPNU dan IPPNU Sawojajar. Sebelumnya, gerakan ini telah direstui dan direspons baik oleh Pengurus Ranting NU Sawojajar. Sejak pukul 08.00 WIB, mereka telah mulai memperbaiki gedung madrasah dengan merenovasi ruang kelas dan pengecatan ulang seluruh ruangan madrasah.
Gerakan Peduli Madrasah dibuka secara resmi oleh Pengurus PAC GP Ansor Kecamatan Wanasari yang diwakili oleh Maghfirotul Asror, selaku Sekretaris PAC GP Ansor Wanasari. Dalam sambutannya, Maghfirotul Asror, sekretaris PAC GP Ansor Wanasari menyebutkan, “Gerakan ini sangat bagus dan penting bagi kemaslahatan umat, saya harap kegiatan ini dapat dicontoh dan dilaksanakan oleh seluruh ranting di kecamatan Wanasari.”
Afni Salafudin, Ketua GP Ansor Sawojajar, menjelaskan Gerakan Peduli Madrasah adalah salah satu bentuk pengabdian dan kepedulian kader-kader Ansor Sawojajar terhadap masyarakat. Gerakan ini berobjek pada madrasah yang tidak mendapat perhatian dari pemerintah hingga sarana dan prasarananya cukup memprihatinkan. 
“Madrasah Diniyah adalah lembaga nonformal yang tidak mendapat BOS seperti lembaga pendidikan formal. Dengan langkah ini, diharapkan masyarakat lebih memperhatikan madrasah untuk menunjang pembelajaran dan mengundang banyak calon santri baru,” ungkap Afni.
Gerakan Ansor Peduli Madrasah akan berlangsung selama 3 hingga 5 hari. Ansor-Banser Sawojajar akan memperbaiki madrasah ini hingga tuntas. Mereka menargetkan kegiatan ini selesai sebelum masa penerimaan santri baru.
Tidak hanya terfokus pada satu tempat, selanjutnya Ansor-Banser Sawojajar akan memperbaiki madrasah-madrasah lain di desa Sawojajar. “Gerakan ini akan kami adakan secara berkelanjutan, tujuannya agar menyentuh madrasah-madrasah yang kondisinya memprihatinkan dan membutuhkan bantuan kami. Selanjutnya, tidak hanya madrasah tetapi TPQ juga”, pungkas Afni. (IR)