Malam Satu Syuro, NU Cimunding gelar santunan anak yatim dan doa bersama untuk keselamatan bangsa

Malam Satu Syuro, NU Cimunding gelar santunan anak yatim dan doa bersama untuk keselamatan bangsa
Karnaval keliling desa menyambut satu syuro.

Brebes (24/8), Tahun Baru Hijriyah merupakan salah satu moment bersejarah bagi umat muslim karena menandai terjadinya peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dari kota mekah ke kota madinah pada tahun 622 Masehi, peristiwa hijrah tersebut juga menjadi rujukan awal penanggalan kalender hijriyah yang dimulai pada masa Khulafaur Rosyidin saat kepemimpinan kholifah kedua yakni sahabat Umar bin Khottob al-faruq RA.

Peringatan satu Muharrom atau biasa disebut satu Syuro oleh sebagian masyarakat jawa ini tidak kalah meriah dengan menyambut tahun baru masehi, banyak kegiatan rutin tiap tahun yang diadakan masyarakat jawa dalam menyambut datangnya pergantian tahun, dimana kegiatan-kegiatan tersebut sebagian merupakan akulturasi budaya dan agama, seperti yang dilaksanakan  Pengurus Ranting Nahdhatul Ulama bersama Badan-badan Otonom NU dan masyarakat Desa Cimunding Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes yang menggelar berbagai kegiatan dalam rangka menyambut datangnya tahun baru hijriyah sekaligus mensyukuri nikmat kemerdekaan Indonesia ke-75 pada tanggal 20 Agustus yang lalu.

“Ada yang berbeda di tahun ini, momentum tahun baru hijriyah kali ini berdampingan dengan HUT RI yang ke-75, sehingga dalam satu waktu dan satu kegiatan yang kami laksanakan terdapat dua tujuan. Kegiatan satu Syuro ini merupakan bentuk syiar dakwah NU untuk seluruh masyarakat Cimunding.” Ungkap Ust. Soimun selaku Ketua Ranting NU Desa Cimunding.

Kegiatan diawali dengan sholat Ashar berjamaah di Masjid Desa Cimunding, dilanjutkan dengan iring-iringan pawai/karnaval yang diikuti oleh seluruh unsur dan lapisan masyarakat Desa Cimunding yang berakhir/finish di Masjid lagi sebelum maghrib untuk bersama-sama membaca do’a akhir tahun. Selanjutnya seluruh masyarakat yang hadir melaksanakan sholat maghrib berjaamah dan dilanjutkan dengan membaca doa awal tahun dan sholat isya berjamaah. Setelah Isya, dilanjutkan dengan santunan kepada puluhan anak-anak yatim dan pengajian Syura-nan yang diisi oleh Romo KH. Irsyadul Ibad dari Brebes, acara ditutup dengan doa bersama untuk keselamatan bangsa dengan harapan pandemi Covid-19 segera berakhir.

“Harapan kami seluruh masyarakat Desa Cimunding pada hari ini merasa gembira dan sukacita terutama mereka anak-anak yatim dengan menyambut datangya tahun baru hijriyah dan HUT RI yang ke-75 ini, sehingga kedepannya kita bersama-sama membangun Desa Cimunding dengan adanya program Bank Sampah yang diprakarsai oleh Pengurus Ranting NU Cimunding, sebagai bentuk kita mencintai alam dengan tidak membuang sampah sembarangan.” pungkas Ust. Soimun. (iz)

Kontributor: Mahrus Ali (Kader Ansor Desa Cimunding)