WARGA LUWUNGGEDE RUTINKAN JAM'IYAH SELASANAN

WARGA LUWUNGGEDE RUTINKAN JAM'IYAH SELASANAN

Larangan - Brebes (29/9), Warga Desa Luwunggede Kecamatan Larangan merutinkan jam'iyah selasanan (tiap malam selasa), pelaksanaan jam'iyahan tersebut pada minggu ini tidak hanya diisi dengan pengajian saja, tetapi juga dilanjutkan dengan ziarah kubur ke makam Syaikh Junaidi Al-Baghdadi di Desa Randusanga Wetan - Kecamatan Brebes.

Kegiatan jam'iyahan Selasanan meliputi ngaji Al-Qur'an dan kitab-kitab Ahlussunnah wal Jamaah yang bertempat di Masjid Jami' Darrurahman Luwunggede, diikuti oleh puluhan kader Ansor-Banser, IPNU dan warga setempat. Untuk ngaji Al Qur'an (murottal) diasuh oleh Ust. Ilham Nadzir (Alumni MMQ Lirboyo), sementara untuk ngaji kitab-kitab Ahlussunnah wal Jamaah diasuh oleh Kyai Abdul Haq. Kegiatan seperti ini salah satu bentuk nyata pemuda Nahdiyin, untuk melestarikan tradisi NU di Luwunggede.

"Marilah kita senantiasa meluruskan dan menjaga niat ngaji untuk mengharap ridho Allah 'Azza Wa Jalla, dan jadikan kegiatan ini sebagai penyegaran atau pacuan supaya kita lebih giat lagi dalam beribadah," terang Kyai Abdul Haq.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan ziarah kubur, Makam Syaikh Junaidi Al-Baghdadi menjadi pilihan agenda ziarah Jam'iyah Selasanan kali ini sebagai ikhtiar refleksi spiritual sekaligus napak tilas sejarah, Syaikh Junaidi merupakan salah satu ulama penyebar agama Islam di Kabupaten Brebes (yang dipercayai masyarakat) berasal dari Baghdad.   

Disamping itu, Kyai Abdul haq menyampaikan bahwa diantara hikmah berziarah yakni untuk mengingat kehidupan akhirat. Ziarah yang dilakukan di makam para wali dan para solikhin adalah agar kita mendapatkan berkah (bertambahnya kebaikan) dari Allah. Secara umum, ziarah kubur adalah kegiatan mendoakan orang-orang yang telah wafat, agar diberikan kelapangan dan nikmat kubur. (iz)

Kontributor: Ibnu Mimbar Maulana